Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Navigate Up
Sign In
14/05/2013 11:36:59
BOD Focus - Kebanjiran Order

​Pada bulan April yang baru lalu nampaknya menjadi bulan yang penuh berkah buat Perusahaan, betapa tidak, secara berturut-turut Perusahaan mendapatkan penugasan dari DIROP JBS dan DIROP IT sesuai surat No.0271/101/DIR/2013, tgl. 26 April 2013 dan surat No. 0229/101/DIR/2013, tgl. 23 April 2013, untuk mengoperasikan sekaligus 6 unit Pembangkit di Luar Jawa Bali. Penugasan ini merupakan kenyataan bahwa bisnis OM Perusahaan “bertumbuh” (bahkan mirip “Kebanjiran Order”,,,hehehe).

Penugasan tersebut meliputi OM untuk : PLTU Pangkalan Susu 2 x 220 MW (Sumatra Utara) - COD Maret & Mei 2014, PLTU Barru - 2 x 50 MW (Makasar) – COD Feb 2013, PLTU Sanggau – 2 x 7 MW (Kalimantan Barat) – COD Juni 2013, PLTU Jeranjang 25 MW – COD Desember 2013, PLTU Ambon – 2 x 7 MW – COD Desember 2013 dan PLTU Haultecamp – 2 x 7 MW (Jaya Pura) – COD September 2013.

Penugasan ini merupakan berkah sekaligus juga menuntut insan-insan di IP untuk bertindak cekatan – tapi harus dengan rencana yang baik, untuk segera mengambil langkah yang diperlukan sehingga tidak mengecewakan bagi Pemegang Saham yang telah memberikan kepercayaan kepada IP. Kenapa harus bertindak cepat ..? karena ternyata sebagian dari Pembangkit tersebut ternyata sdh pada status menjelang Operasi atau bahkan ada yang sudah beroperasi.

PT.IP yang selama ini lebih banyak berkecimpung di bidang OM di Jawa Bali telah dilibatkan untuk ikut andil dalam membantu PLN dalam menyediakan kelistrikan di daerah luar Jawa-Bali, meningkatkan ketersediaan listrik di Indonesia Bagian Timur – membantu teman2 PLN di Indonesia Timur, dan sekaligus ikut andil dalam menekan pemakaian BBM, melalui peran OM yang harapannya tentunya adalah menghasilkan tingkat Keandalan Pembangkit yang baik.

Pesatnya perkembangan industri transportasi udara dengan harga yang makin terjangkau saat ini, membuat jarak Jakarta – Jaya Pura (lokasi penugasan OM yang paling jauh) bukan lokasi yang sulit untuk dijangkau, dan membuat penugasan OM tersebut manjadi makin mudah dilakukan. Untuk tahap awal telah dibentuk Tim untuk melakukan survey ke Pembangkit yang sudah pada tahap Operasi yaitu PLTU Sanggau – Kalbar dan berikutnya adalah PLTU Barru - Makasar. Tim terdiri dari teman2 di Divisi Pengembangan Usaha, Divisi SDM, Divisi Engineering, dan Divisi Sistem Informasi.

Tim ini telah melakukan pembahasan persiapan untuk membuat cek list – data2 yang diperlukan selama survey. Tahap selanjutnya adalah penandatangan MOU sebagai awal dimulainya aktivitas persiapan OM secara formal (tetapi koordinasi secara Informal juga sdh dimulai sebelum MOU ditandatangani), diikuti dengan pengajuan Proposal dan secara parallel untuk unit yang sudah beroperasi akan ditugaskan SDM secara bertahap untuk memulai bertugas.

Penugasan OM merupakan tantangan dan wahana yang baik bagi IP untuk dapat mengaktualisasikan diri dalam bidang O & M. Beberapa skema organisasi telah dibuat, sehingga akan muncul UBOH-UBOH baru di Luar Jawa Bali. Penugasan juga bisa dimaknai sebagai momentum yang bagus dalam meningkatkan produktivitas pegawai.

Keberhasilan dari penugasan tersebut sangat tergantung dari kerjasama semua insan-insan IP termasuk juga insan-insan di CDB untuk mempersiapkan diri dalam penyediaan SDM, menyusun organisasi yang efektiv dan efisien, membangun proses bisnis yang berbasis pada Asset Management yang sdh menjadi ciri bisnis OM di IP, melaksanakan kegiatan pada 6 pilar Asset Management, membangun aplikasi-aplikasi sebagaimana yang telah dioperasikan dan dimiliki oleh UBP dan UBOH di Jawa, menyusun program kerja bidang OM, menyusun rencana Engineering Change Program, membangun networking dengan pemasok spare parts PLTU China, dll.

Pada intinya ke-uletan dan ketekunan insan-insan IP dalam bidang OM akan semakin diuji dalam penugasan OM ini. Penugasan juga makin menegaskan bagi setiap insan PT. IP, bahwa secara geografis rentang daerah operasi PT. IP tidak hanya di Jawa Bali, dan sebetulnya sebagian aktivitas di Luar Jawa Bali juga sudah lama dilakukan melalui aktivitas pada PLTD Pontianak, PLTG Duri, PLTG/U Indralaya, dll.  demikian juga munculnya tuntutan perkuatan-perkuatan organisasi di Divisi-divisi di Kantor Pusat sebagai organ Pembina seluruh UBP, UBOH di Jawa dan di Luar Jawa-Bali.

Banyak tugas baru yang menantang buat IP ke depan, dan dengan adanya tugas-tugas baru tersebut hendaknya membuat insan-insan IP makin “exiting” dalam bekerja, karena memberikan keasyikan tersendiri untuk membuktikan keahliannya dalam OM.

Akhir kata . . . . . .IP pasti bisa,,,,bisa . . . . . . dan akan selalu Bisa.

kritik dan saran disampaikan ke : bodfocus@indonesiapower.co.id