Skip Ribbon Commands
Skip to main content
Navigate Up
Sign In

GCG

PenghargaanGcg

Tahun 2012 adalah tahun yang menggembirakan dalam pencapaian Good Corporate Governance (GCG) di Indonesia Power.
Pada bulan September 2012, Indonesia Power kembali memperoleh juara I Annual Report Award (ARA) kategori Private Non Keuangan Non-Listed. Penghargaan ini diraih untuk kedua kalinya, setelah tahun 2011 Indonesia Power juga meraih juara I di kategori yang sama. Skor penilaian yang diperoleh 87,11. Untuk kategori Private Non Listed Non Keuangan, Indonesia Power mendapat peringkat 1 dari 17 peserta, sementara untuk kategori umum mendapat peringkat ke 7 dari 199 peserta.
ARA merupakan penghargaan tertinggi atas kualitas Laporan Tahunan yang diterbitkan secara berkala oleh Perusahaan. Penyusunan Laporan Tahunan merupakan wujud penerapan GCG terutama dalam aspek Transparansi.
 
Juara Kategori Perusahaan Swasta (Private) Non-Keuangan Non-Listed:
Juara 1: PT Indonesia Power
Juara 2: PT Triputra Agro Persada
Juara 3: PT Petrokimia Gresik
 
Annual Report Indonesia Power juga mendapat penghargaan tingkat Internasional “Spotlight Award 2012” yang diselenggarakan oleh League of American Communications Professionals (LACP) pada bulan Oktober 2012. Dalam ajang ini, Indonesia Power berhasil memperoleh 3 (tiga) penghargaan sekaligus yaitu Platinum Award for Overall Category, Platinum Award for Best Debut (untuk keikutsertaan pertama kali), dan Top 100 Communication Materials of 2012. Ini adalah kali pertama Indonesia Power mengikuti ajang ini dan memperoleh skor penilaian sebesar 99 (Superb).  
Top 10 pemenang “Spotlight Award” dari seluruh dunia adalah :
1.      Lamborghini Automobili (Jerman)
2.      KircherBuurkardt GmbH (Jerman)
3.      PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk (Indonesia)
4.      PT Global Investment Holdings (Turki)
5.      People’s Leasing Company (Sri Lanka)
6.      Sesa Goa Limited (India)
7.      RTL Group (Jerman)
8.      PT Indonesia Power (Indonesia)
9.      KIA MOTORS (Korea Selatan)
10.  Hyundai Motor Company (Korea Selatan)
 
Di penghujung tahun 2012, pada bulan Desember, Indonesia Power kembali menerima penghargaan terkait GCG dalam program Corporate Governance Perception Index (CGPI) sebagai Trusted Company (Perusahaan Terpercaya). CGPI adalah riset dan pemeringkatan penerapan GCG yang diselenggarakan oleh The Indonesian Insitute for Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan Majalah SWA.
Tahun 2012 adalah pertamakalinya Indonesia Power berinisiatif untuk mengikuti program ini dan memperoleh skor penilaian sebesar 80,53. Indonesia Power menjadi satu dari 25 Perusahaan yang memperoleh peringkat “Terpercaya” bersama  perusahaan-perusahaan besar antara lain Astra Honda Motor, Bakrie & Brothers, Bank Rakyat Indonesia, Bukit Asam,  Pertokimia Gresik, Sucofindo dan beberapa bank.  
 
Sedangkan untuk Kategori Perusahaan Non Emiten Non Keuangan, Indonesia Power menempati posisi pertama, seperti pada tabel dibawah ini :
No.
Peserta
Nilai
Pemeringkatan
1
PT Indonesia Power
80,53
Terpercaya
2
PT Petrokimia Gresik
80,04
Terpercaya
3
PT Astra Honda Motor
78,08
Terpercaya
4
PT Krakatau Engineering
77,87
Terpercaya
5
PT Krakatau Industrial Estate Cilegon
75,57
Terpercaya
7
PT Krakatau Tirta Industri
72,63
Terpercaya
8
PT Berau Coal
65,94
Cukup Terpercaya
 
Berbagai penghargaan dalam bidang GCG ini juga merupakan bentuk pengakuan pihak eksternal atas komitmen dan prestasi yang dicapai Perusahaan dalam menerapkan GCG sepanjang tahun 2012. Mari kita jadikan Indonesia Power lebih baik lagi di tahun 2013.
 
Salam,