Skip Navigation LinksKesehatan-dan-Keselamatan-Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kebijakan

Indonesia Power mempunyai komitmen dan kesadaran untuk selalu meningkatkan budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Hal ini dikarenakan, produktivitas pegawai akan meningkat seiring dengan meningkatnya rasa kenyamanan dan keamanan di lingkungan Perusahaan dengan mengacu pada:

  1. Undang - undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja;
  2. Keputusan Direksi Nomor:41.K/010/IP/2012 tentang Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan di PT Indonesia Power;
  3. Keputusan Direksi Nomor:165.K/010/IP/2016 tentang Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja PLTU Batubara di PT Indonesia Power.

Rencana kegiatan

Dalam pelaksanaan K3, Indonesia Power  setiap tahunnya menyusun rencana kegiatan K3 sebagai berikut:

  1. Pembangunan pusat pelatihan K3 (Fire Safety Academy) di Pandean Lamper Semarang;
  2. Audit Resertifikasi SMK3
  3. Pelatihan dan Workshop K3;
  4. Bulan K3 Nasional;
  5. Simulasi Tanggap Darurat;
  6. Pemantauan dan Pengukuran lingkungan kerja;
  7. Pemberian Zero Accident Award;
  8. Penyediaan Wearpack Fire resistant bagi operator coal handling.
  9. Assessment K3 terkait Fire Protection System based on NFPA
  10. Lomba Pemadam kebakaran


Sertifikasi Personil

Sertifikasi Personel.PNG

Dalam rangka menjamin tercapainya target dari program kerja Departemen K3L, maka diperlukan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya. Salah satu usaha yang dilakukan oleh Departemen K3L adalah mensertifikasi sumber daya yang ada sehingga kompeten dalam bidang yang ditempatinya. Berikut merupakan grafik kenaikan pemenuhan jumlah pegawai untuk tiap unit yang tersertifikasi di Lingkungan PT Indonesia Power dari tahun 2016-2017.


Fire & Safety Academy
FSA (Fire & Safety Academy) merupakan fasilitas pelatihan K3 milik PT Indonesia Power yang berkonsentrasi pada penanganan keadaan darurat di unit pembangkit Low Rank Coal. FSA ini menyediakan program pendidikan dan pelatihan bidang K3 dengan menggunakan miniatur peralatan umum yang ada di pembangkit antara lain simulator control room pembangkit, miniatur coal handling, fire ground yang dilengkapi peralatan umum pembangkit seperti bunker, trafo, smoke chamber, peralatan-peralatan ketanagalistrikan, gedung workshop dan fasilitas lainnya yang terlengkap di Indonesia. Berikut merupakan daftar pelatihan yang tersedia pada fasilitas FSA:

training fsa.PNG

fsa.png


Aplikasi Nearmiss

Aplikasi Nearmiss merupakan aplikasi terbaru hasil kolaborasi Departemen K3L dan Departemen SIS PT Indonesia Power. Aplikasi ini dapat memudahkan pelaporan mengenai potensi-potensi bahaya yaitu Unsafe Action (Perilaku Tidak Aman) dan Unsafe Condition (Kondisi Tidak Aman) yang menjadi penyebab nearmiss ataupun kecelakaan kerja di Lingkungan PT Indonesia Power. Dengan adanya aplikasi maka potensi-potensi bahaya di Lingkungan Indonesia power dapat di deteksi dan ditindaklanjuti sedini mungkin.

nearmiss apk.png


Penghargaan K3 Indonesia Power

Sebagai bukti kinerja dari Departemen K3L PT Indonesia Power, berikut di tampilkan beberapa penghargaan K3 yang diraih oleh PT Indonesia Power pada tahun 2017 yang diberikan oleh Kemenaker Republik Indonesia.

Penghargaan.PNG

k32017.png